Kamis, 10 Maret 2011

TULISAN 2 SOFTSKILL BAHASA INDONESIA

GAYUS TAMBUNAN SI MILYARDER PELUPA

“Duit 74 Milyar? saya punya duit 74 milyar?” begitu kira-kira rekaan kalimat Gayus Tambunan milyarder ngetop asal Dirjen Pajak itu yang mendadak jadi pelupa kalo ditanya soal uang milyaran di deposit box yang dimilikinya.

Dir III Tipikor Mabes Polri Brigjen Pol Jovianes Mahar menjelaskan, kalimat lupa terus dikeluarkan Gayus saat ditanya mengenai uang dan sejumlah barang senilai Rp74 miliar yang disimpan di safe deposit di salah satu bank di Jakarta.
“Sudah ditanyakan, dia selalu jawab lupa atau tidak tau,” kata Jovianes Mahar saat menggelar jumpa pers di Rupatama Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta, Jumat (18/6/2010).

Sebelumnya, polisi telah menyita 10 kotak penyimpanan yang dimiliki Gayus Tambunan di Bank Mandiri. Dalam isi kotak penyimpanan tersebut, polisi menyita uang dalam bentuk dolar Amerika, emas batangan, dan sejumlah mata uang asing lainnya.
Selain uang dan emas batangan, di dalam kotak penyimpanan tersebut juga ditemukan sejumlah dokumen serta saham. Hingga kini, polisi masih mencari tahu asal muasal dari uang tersebut. [Okezone]

Berdasarkan dari penggunaan EYD maupun analisa diksi media online diatas menggunakan kalimat yang salah. Terdapat pada kalimat :

“Begitu kira-kira rekaan kalimat Gayus Tambunan milyarder ngetop asal Dirjen Pajak itu yang mendadak jadi pelupa kalo ditanya soal uang milyaran di deposit box yang dimilikinya” seharusnya menjadi “Begitulah kalimat rekaan yang diucapkan Gayus Tambunan, yang terkenal karena menjadi tersangka kasus mafia pajak dan dahulu bekerja di Dirjen Pajak, berpura-pura menjadi pelupa jika ditanya soal harta bernilai milyaran di deposit box miliknya” dan kalimat : “Hingga kini, polisi masih mencari tahu asal muasal dari uang tersebut” seharusnya menjadi “Sampai saat ini, polisi masih menyelidiki dari mana uang tersebut berasal”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar