Minggu, 05 Desember 2010

BAB 2 TUGAS METODE RISET

BAB II
LANDASAN TEORI

TEORI DASAR
Perilaku konsumen :
Adalah tingkah laku dari konsumen, dimana mereka dapat mengilustrasikan pencarian untuk membeli, menggunakan, mengevaluasi dan memperbaiki suatu produk dan jasa mereka. Focus dari perilaku konsumen adalah bagaimana individu membuat keputusan untuk menggunakan sumber daya mereka yang telah tersedia untuk mengkonsumsi suatu barang.
Menurut para ahli:
1. James F Engel
Perilaku konsumen di definisikan tindak-tindakan individu secara langsung terlibata dalam usaha memperoleh dan menggunakan barang-barang jasa ekonomi termasuk proses pengambilan kepustusan yang mendahuli dan menentukan tindakan-tindakan tersebut (1988:8)

2. David L Loundon
Perilaku konsumen dapat diDefinisikan sebagai proses pengambilan keputusan dan aktivitas individu secara fisik yang dilibatkan dalam mengevaluasi, memperoleh, menggunakan atau dapat mempergunakan barang-barang atau jasa (1984:6)

3. Gerald Zaltman
Perilaku konsumen adalah tindakan-tindakan, proses dan hubungan sosial yang di lakukan oleh individu, kelompok dan organisasi dan mendapatkan, menggunakan suatu produk atau lainnya sebagai sutu akibat dari pengalaman dengan produk, pelayanan dan dumber-sumber lainya. (1979:6)



VARIABEL
Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian suatu produk :
• Budaya
• Lingkungan sosial
• Komunikasi pemasaran
• Psikologis
• Individu
• Strategi pemasaran

PENELITIAN TERDAHULU
Kajian Penelitian Sejenis
Ritawati Tedjakusuma, Sri Hartini, Muryani, 2001. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Air Minum Mineral Di Kotamadya Surabaya” jurnal penelitian dinamika sosial vol.2 no.3 des 2001. Dari pengolahan dan analisis data, pengujian hipotesis, analisis, dan pembahasan hasil penelitian, maka hipotesis pertama diterima, bahwa perilaku konsumen dalam pembelian air minun mineral dipengaruhi secara bersama-sama dan bermakna oleh
faktor pendidikan, penghasilan, harga, kualitas, layanan dan promosi. Hal iniditunjukan oleh F Hitung = 34,677 lebih tinggi dari F Tabel = 2,14 dengan koefisien korelasi R sebesar 0,7203 dan koefisien determinasi ganda (R Squared) sebesar 0,5188. Hipotesis kedua yaitu harga mempunyai pengaruh dominan terhadap perilaku konsumen airminum mineral dinyatakan diterima.

HIPOTESIS
Y =PERILAKU KONSUMEN X4 =PSIKOLOGIS
X1 =BUDAYA X5 =INDIVIDU
X2 =LINGKUNGAN SOSIAL X6 =STRATEGI PEMASARAN
X3 =KOMUNIKASI PEMASARAN
JURNAL A : X1, X2, X4, dan X5 = Y
JURNAL B : X2,X3, dan X5 = Y
JURNAL C : X1, X2, X4, X5, dan X6 = Y

Artinya : X1 =BUDAYA Mempengaruhi
X2 =LINGKUNGAN SOSIAL PERILAKU KONSUMEN
X4 =PSIKOLOGIS
X5 =INDIVIDU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar